PROBOLINGGO, PATROLI POS
Bertempat di MIN 1 Probolinggo, pada Kamis 18/09/2025 terselenggara Rapat Dinas Pendidikan Madrasah yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, H. Muhammad As’adi, S.Ag., M.Pd. Rapat tersebut mengusung tema Koordinasi dan Evaluasi Kegiatan serta Rencana Penyusunan Program Akhir Tahun 2025.
Rakor tersebut diikuti oleh jajaran pimpinan dan perwakilan dari berbagai lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo. Hadir secara lengkap Ketua KKMA 1 sampai dengan 4, Ketua KKMTS 1 sampai dengan 7, serta jajaran pengurus KKMI Kabupaten yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Selain itu, turut hadir pula pengurus IGRA Kabupaten Probolinggo (Ketua, Sekretaris, dan Bendahara), serta Kepala MIN 1 dan MIN 2 Probolinggo.

Dalam sambutannya, Kasi Pendma, H. Muhammad As’adi menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan kerja keras seluruh jajaran madrasah di Kabupaten Probolinggo dalam menyukseskan berbagai program pendidikan sepanjang tahun 2025. Beliau menekankan bahwa koordinasi yang baik antar-lembaga dan evaluasi menyeluruh atas program yang telah berjalan menjadi kunci untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah ke depan.
Pada sesi evaluasi kegiatan, masing-masing ketua kelompok kerja (KKMA, KKMTS, KKMI, dan IGRA) diberikan kesempatan untuk menyampaikan laporan terkait pelaksanaan program dan kegiatan sepanjang tahun berjalan. Dalam kesempatan tersebut, dibahas pula berbagai tantangan yang dihadapi, baik terkait aspek administrasi, sumber daya manusia, maupun pelaksanaan kegiatan di lapangan. Diskusi berlangsung interaktif, di mana setiap perwakilan saling memberikan masukan dan solusi agar kegiatan yang telah berjalan dapat ditingkatkan kualitasnya.
Sementara itu, pada sesi koordinasi penyusunan program akhir tahun, peserta rapat bersama-sama menyusun rencana strategis yang akan dilaksanakan menjelang penutupan tahun anggaran 2025. Program-program yang disusun tidak hanya menitikberatkan pada penyelesaian administrasi dan laporan akhir tahun, tetapi juga diarahkan untuk memperkuat kualitas pembelajaran, meningkatkan kompetensi guru, serta memperkuat sinergi antar-satuan pendidikan di bawah binaan Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo.
Rapat juga menghasilkan beberapa rekomendasi penting, di antaranya: Perlunya penguatan sistem pelaporan kegiatan yang lebih efektif dan tepat waktu. Peningkatan koordinasi antar-KKMA, KKMTS, KKMI, dan IGRA agar program yang dirancang dapat saling mendukung. Penyusunan program akhir tahun harus disesuaikan dengan kebutuhan riil di lapangan, sehingga mampu memberikan manfaat langsung bagi siswa, guru, dan lembaga pendidikan madrasah. Optimalisasi kegiatan pelatihan, workshop, dan pembinaan guru untuk menjawab tantangan kualitas pembelajaran di era digital.
Giat ditutup dengan pengarahan terakhir dari Kasi Pendidikan Madrasah, yang kembali menegaskan pentingnya semangat kebersamaan, profesionalitas, dan inovasi dalam setiap program yang dijalankan. Beliau juga berharap agar seluruh ketua kelompok kerja dan kepala madrasah dapat menjadi motor penggerak yang mampu menginspirasi guru dan tenaga kependidikan di lingkungan madrasah masing-masing.
Diharapkan dengan terselenggaranya giat tersebut, koordinasi antar-lembaga pendidikan madrasah di Kabupaten Probolinggo semakin solid, evaluasi program dapat menjadi pijakan untuk perbaikan, serta penyusunan program akhir tahun 2025 benar-benar selaras dengan visi peningkatan mutu pendidikan madrasah yang berdaya saing, unggul, dan berkarakter. Syd.